Pages

Tuesday, April 24, 2012

ABSTRAK


AIZATIN. 2012. Hubungan Antara Bimbingan Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas X Di SMK Negeri 8 Surabaya. Skripsi, Program Studi : Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Dosen Pembimbing : Dra. Kusbandiami S. Psi, M. Pd.


Kata Kunci : Bimbingan Belajar dan Minat Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara Bimbingan Belajar dengan Minat Belajar siswa kelas X SMK Negeri 8 Surabaya.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 8 Surabaya yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 100 siswa, sedangkan sampelnya 50% dari populasi sejumlah N= 50 siswa. Pengambilan sampel juga didasarkan pada keterbatasan waktu, biaya serta tenaga. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert, dengan menggunakan teknik proporsional random sampling, artinya untuk menentukan jumlah sampel dengan mempertimbangkan keadaan sub populasi ditinjau dari segi jumlah.
Dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bimbingan belajar dengan minat belajar siswa. Untuk pengumpulan data-data penelitian digunakan metode angket. Data-data tersebut dianalisis menggunakan metode Statistika Korelasional Product Moment Pearson.
Hasil penelitian mengenai bimbingan belajar dengan minat belajar siswa kelas X SMK Negeri 8 Surabaya menunjukkan hasil bahwa ada hubungan yang signifikan. Hal ini dapat dibuktikan dengan diperolehnya data bahwa koefisien korelasi rxy = 0,302 dengan taraf signifikan 95% = 0,297, sehingga rxy > rtabel  (0,302 > 0,297) artinya terdapat hubungan yang signifikan antara Bimbingan Belajar dengan Minat Belajar. Nilai ini menunjukkan bahwa antara Bimbingan Belajar dan Minat Belajar terdapat korelasi pada tingkat kategori lemah atau rendah.
Berdasarkan dari hasil analisis data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan belajar dengan minat belajar siswa kelas X SMK Negeri 8 Surabaya.