AIZATIN. 2012. Hubungan
Antara Bimbingan Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas X Di SMK Negeri 8
Surabaya. Skripsi, Program Studi : Bimbingan dan Konseling, Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya. Dosen Pembimbing : Dra. Kusbandiami S. Psi, M. Pd.
Kata Kunci
: Bimbingan Belajar dan Minat Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada
tidaknya hubungan antara Bimbingan Belajar dengan Minat Belajar siswa kelas X
SMK Negeri 8 Surabaya.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK
Negeri 8 Surabaya yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 100 siswa,
sedangkan sampelnya 50% dari populasi sejumlah N= 50 siswa. Pengambilan sampel
juga didasarkan pada keterbatasan waktu, biaya serta tenaga. Skala yang
digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert, dengan menggunakan teknik
proporsional random sampling, artinya untuk menentukan jumlah sampel dengan
mempertimbangkan keadaan sub populasi ditinjau dari segi jumlah.
Dalam penelitian ini menggunakan rancangan
penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bimbingan belajar dengan minat belajar
siswa. Untuk pengumpulan data-data penelitian digunakan metode angket. Data-data
tersebut dianalisis menggunakan metode Statistika Korelasional Product Moment
Pearson.
Hasil penelitian mengenai bimbingan belajar dengan
minat belajar siswa kelas X SMK Negeri 8 Surabaya menunjukkan hasil bahwa ada
hubungan yang signifikan. Hal ini dapat dibuktikan dengan diperolehnya data
bahwa koefisien korelasi rxy = 0,302 dengan taraf signifikan 95% =
0,297, sehingga rxy > rtabel
(0,302 > 0,297) artinya terdapat hubungan yang signifikan
antara Bimbingan Belajar dengan Minat Belajar. Nilai ini menunjukkan
bahwa antara Bimbingan Belajar dan Minat Belajar terdapat korelasi pada tingkat
kategori lemah atau rendah.
Berdasarkan dari hasil analisis data tersebut, maka
dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan
belajar dengan minat belajar siswa kelas X SMK Negeri 8 Surabaya.